Apa itu SPT Pajak Tahunan dan Bagaimana Cara Lapor SPT yang Benar?

Para Wajib pajak pasti sudah mengetahui mengenai SPT Pajak Tahunan, nah sebenarnya apa itu SPT Pajak Tahunan dan bagaimana cara lapornya? 

SPT Pajak Tahunan sebuah dokumen perpajakan yang wajib dilaporkan oleh para wajib pajak setiap tahunnya ke Direktorat Jenderal Pajak. Sebenarnya, SPT Pajak sendiri merupakan sebuah dokumen yang berisi laporan penghasilan, pengurangan pajak serta pengembalian pajak yang perlu dibayar atau diterima oleh setiap Wajib Pajak selama satu tahun. 

Tentu saja, Wajib Pajak satu ini merupakan sebuah informasi yang dilaporkan dalam SPT Pajak Tahunan akurat dan lengkap. Namun, jika adanya kesalahan atau kekeliruan yang ada pada SPT Tahunan, maka akan dikenakan sanksi atau denda dari pihak yang berwenang. 

Apa itu SPT Pajak Tahunan? 

Tax (Source: bobvila.com/Pinterest) 

Perlu diketahui bahwa SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan) Pajak Tahunan ini adalah dokumen yang digunakan oleh setiap Wajib Pajak untuk melaporkan perhitungan serta pembayaran pajak, seperti untuk objek pajak atau pun bukan pajak. 

SPT Pajak Tahunan adalah surat oleh Wajib Pajak yang digunakan untuk melaporkan perhitungan dan/atau pembayaran pajak, objek pajak, dan/atau bukan objek pajak dan/atau harta dan kewajiban sesuai dengan ketentuan perundang-undangan perpajakan. 

Selain itu juga, SPT Pajak Tahunan bisa digunakan dalam melaporkan harta serta kewajiban yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan pajak. Namun, sebenarnya SPT Pajak Tahunan ini memiliki 2 jenis ialah SPT Pajak Tahunan Pribadi dan SPT Pajak Tahunan Badan. 

SPT Pajak Tahunan perlu dilaporkan oleh Wajib Pajak yang telah berpenghasilan dan disampaikan secara elektronik atau layanan E-Filling dari Direktorat Jenderal Pajak. 

Aturan Pengisian SPT Pajak Tahunan

Fill the Form Tax  (Source: forbes.com//Pinterest)

Pengisian SPT Pajak Tahunan harus teliti supaya informasi tersebut akurat. Berikut ini adalah langkah pengisian SPT Pajak Tahunan: 

  • Jenis SPT Harus Sesuai

Jenis SPT Pajak Tahunan yaitu SPT Masa PPh 21, SPT Masa PPh 25, SPT Masa PPh Pasal 4 ayat (2) serta SPT Tahunan PPh Orang Pribadi. Sesuaikan jenis SPT tersebut dengan jenis penghasilan dan kewajiban perpajakan. 

  • Isi Informasi dengan Akurat

Informasi yang diisi yaitu Nama, Alamat, Nomor Identitas dan Jenis Penghasilan. Apabila adanya kekeliruan dalam pengisian SPT, maka akan dikenakan denda oleh pihak yang berwenang. 

  • Melaporkan Seluruh Penghasilan 

Wajib pajak harus melaporkan penghasilan dari Usaha, Profesi, Jasa atau Penghasilan Lain dalam kurun waktu satu tahun pajak. 

  • Sertakan Dokumen Pendukung

Menyertakan dokumen pendukung seperti Bukti Potong, Bukti Setor ataupun Bukti Transaksi lain untuk memudahkan pihak berwenang untuk memverifikasi informasi. 

  • Mematuhi Deadline Pengisian

Wajib pajak harus mematuhi tenggat waktu yang telah ditetapkan oleh pihak berwenang. Namun, apabila melewati batas waktu akan dikenakan denda. 

Cara Lapor SPT Pajak Tahunan Secara Online

Tax Form (Source: lindastock.com/Pinterest)

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pajak (DJP) akan membantu dalam memudahkan Anda untuk membayar pajak. Maka dari itu, DJP telah merilis aplikasi yang disebut dengan DJP Online. 

Untuk bisa memudahkan laporan, para wajib pajak bisa menggunakan layanan online atau E-Filling. Layanan ini merupakan salah satu layanan yang paling pas untuk dilakukan karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. 

Hadirnya E-Filling ini dapat menghemat waktu dari wajib pajak karena tak perlu capek-capek datang ke kantor pajak. Para wajib bisa mengisi dan mengirim SPT Pajak Tahunan dengan cepat dan efisien. 

Lalu, bagaimana cara lapor SPT secara Online? Berikut ini merupakan langkah-langkahnya yaitu: 

  • Pastikan telah memiliki EFIN (Nomor Identitas Digital)
  • Masuk ke situs djponline.pajak.go.id
  • Masukkan NIK/NPWP, Password, dan Kode Keamanan
  • Klik Login
  • Klik opsi ‘Lapor’ dan pilih layanan ‘E-Filing’
  • Klik ‘Buat SPT’
  • Akan muncul Pertanyaan Status yang harus dijawab untuk mendapatkan Formulir SPT Tahunan yang sesuai.
  • Pilih Form yang akan digunakan
  • Isi Data Formulir yang berisi Tahun Pajak dan Status SPT Normal
  • Klik Langkah Selanjutnya
  • Isi SPT sesuai Formulir Bukti Potong Pajak
  • Lakukan Langkah-Langkah sesuai Panduan pada E-Filling
  • Jika sudah, akan muncul Ringkasan SPT dan Pengambilan Kode Verifikasi
  • Klik ‘Di Sini’ untuk Pengambilan Kode Verifikasi
  • Tunggu sampai Kode Verifikasi Dikirim
  • Masukkan Kode Verifikasi yang sudah didapat
  • Klik ‘Kirim SPT’
  • Laporan SPT akan terekam dalam Sistem DJP

Bukti Penyelesaian Laporan akan dikirimkan melalui Email

Kenapa Wajib Lapor SPT Pajak Tahunan? 

Income Tax (Source: Penny Finding Mom/Pinterest)

Sesuai dengan Undang-Undang No. 28 Tahun 2007 tentang Syarat dan Ketentuan Umum Terkait Tata Cara Perpajakan mencantumkan beberapa alasan pelaporan pajak. 

Hal ini sebagai self-assessment dalam SPT Pajak Tahunan yang bisa memberikan kepercayaan kepada Wajib Pajak untuk membaca, mendaftarkan, menyerahkan serta melaporkan pajak secara individual. 

Selain itu juga, dengan melaporkan Objek Pajak, harta dan kewajiban sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Perpajakan. Maka dari itu, setiap Wajib Pajak harus mematuhi regulasi tersebut supaya tidak bisa terkena sanksi dari Pihak yang Berwenang. 

Masih pusing untuk pengurusan SPT Pajak Tahunan ini? Nah, dengan Aiwork Office Space akan membantumu untuk melaporkan SPT Pajak Tahunan dengan benar. Tentu saja, kamu bisa segera kunjungi aiwork.co.id dan konsultasikan kepada kami. Sobat Aiwork, pokoknya jangan lupa lapor SPT Pajak Tahunan, ya! 

CAPTION: 

Setiap Wajib Pajak sangat penting sekali untuk melaporkan SPT Tahunan Pajak untuk menghindari sanksi dari pihak yang berwenang. Sebenarnya, kenapa alasannya harus melaporkan dan bagaimana tata cara lapor yang benar? 

Pada artikel kali ini, akan membahas mengenai SPT Pajak Tahunan. Simak artikel dibawah ini, ya! 

Tentu saja, Aiwork Office Space akan membantu Anda jika masih kebingungan dalam melaporkan SPT Pajak Tahunan karena Aiwork Office Space menyediakan jasa SPT juga! Jadi, sebelum melaporkan SPT, Anda bisa berkonsultasi dengan kami terlebih dahulu untuk mengetahui informasi pelaporan SPT Pajak Tahunan  melalui: 

☎️ 021-22702245

📱 081-11337330

📧 aiworkofficework@gmail.com 

🌐 www.aiwork.co.id

IG: instagram.com/aiworkofficespace 

#pengurusanspt #spt #sptpajak #spttahunan  #pajak #company #perusahaan #legalitas #legalitasusaha #aiworkoffice #startupcompany #startupworld #startupbusiness #startuplife #startupstories #coworkingspace #coworkingspaceofficeservices #coworkingoffice #virtualofficesjakarta #jasavirtualoffice #virtualofficespace #servicesoffice #smartoffice #sewakantor #sewakantormurah #officespaces #remoteoffice  #workingremotely #meetingspace #workremote #sharedworkspace #sharedofficespace #newofficespace #homeofficespace #officespacestyle #mulaibisnismu #ruangkantor #meetingoffice

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top